Let's Write !!!

SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT ILMU



INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUDDIN GRESIK
FAKULTAS TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)



Program Studi   : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Mata Kuliah      : Filsafat Ilmu
SKS                  : 2 SKS
Semester          : 1 (Satu)

A.      Deskripsi Mata Kuliah
Filsafat Ilmu merupakan mata kuliah yang memberikan pengembangan wawasan berpikir Kritis, logis, sistematis dan metodologis tentang ilmu pengetahuan. Dalam perspektif keilmuan, posisi Filsafat adalah sebagai landasan adanya integrasi berbagai disiplin dan pendekatan yang makin beragam, karena dalam konstruks epistemologi, Filsafat dengan metodenya dapat menjadi fondasi dan landasannya.
Setiap diskursus tentang metodologi haruslah dibangun di atas sentuhan-sentuhan Filsafat. Tanpa Sense of philosophy, maka sebuah metodologi akan kehilangan substansinya. Maka, Mata Kuliah Filsafat Ilmu perlu dikembangkan lebih lanjut agar visi epistemologisnya dapat menjabarkan secara integral, terpadu.   
Lebih dari itu dalam era modern dan globalisasi ini, perlu mengembangkan filsafat ilmu pada wilayah praksis, bagaimana mata kuliah tersebut mampu memberikan kontribusi yang paling berharga bagi kepentingan kemanusiaan sebagaimana yang pernah dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan sebelumnya. Berpadunya aspek idealisme dan realisme atau rasionalisme dan empirisme dalam paradigma keilmuan perlu dikembangkan. Untuk itu, mata kuliah Filsafat Ilmu ini perlu mendapat perhatian serius, khususnya di Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik ini.

B.      Kompetensi Mata Kuliah
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengetahuan, Filsafat, Ilmu, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi serta Pendekatan dalam memahami filsafat ilmu.

C.     Metode Pembelajaran
Kuliah dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik yang telah ditentukan secara individu untuk didiskusikan sesuai giliran yang telah ditentukan jadwalnya.
Untuk tugas menulis makalah mahasiswa diberi tugas menggunakan buku baru atau kurang dari 10 tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para pakar. Sedangkan jumlah referensi yang digunakan minimal 10 buku dan dilarang menggunakan referensi dari blog dan semacamnya. Adapun referensi dalam bentuk ebook baik dalam bentuk jurnal, artikel, dan sebagainya diperbolehkan untuk digunakan. Pada aspek ketebalan halaman, mahasiswa diharuskan membuat makalah minimal 20 halaman.
Adapun dalam hal presentasi makalahnya, mahasiswa tidak diperkenankan membawa dan/atau membaca makalah di depan. Mahasiswa hanya diperkenankan membawa bahan/ media kerja dalam bentuk misalnya power point, kertas karton, dan semacamnya. Sedangkan metode presentasi hanya diperkenankan menggunakan metode peta konsep atau peta pikiran dan tidak diperkenankan dalam bentuk deskriptif.

D.     Penilaian
Penilaian akhir meliputi:
1.        Keaktifan mahasiswa di kelas dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
2.        Diskusi kelompok;
3.        Tugas makalah yang ditulis;
4.        Ujian tengah semester (Tugas);
5.        Ujian akhir semester (Revisi Makalah);

E.      Materi Pokok
1.        Makna Pengetahuan, Filsafat, dan Ilmu
2.        Filsafat Ilmu, makna dan Obyek Kajiannya
3.        Dimensi Ontologis Ilmu
4.        Dimensi Epistemologi Ilmu
5.        Struktur Pengetahuan Ilmiah
6.        Sarana Berpikir Ilmiah
7.        Landasan Aksiologis Ilmu, Ilmu, Moral dan Tanggung Jawab Ilmuan
8.        Positivistik sebagai Pendekatan Filsafat Ilmu
9.        Post-Positivistik sebagai Pendekatan Filsafat Ilmu
10.     Fenomenologis sebagai Pendekatan Filsafat Ilmu
11.     Perkembangan Ilmu
12.     Berpikir Ilmiah

F.      Sumber dan Bahan
1.        Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu, Remaja Rosdakarya, Bandung.
2.       Conny Semiawan, dkk, Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung
3.        Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.
4.   Berling, Kwee, Mooij, Van Peursen. 2003. Pengantar Filsafat Ilmu (terjemahan Soejono Soemargono). Yogyakarta: Tiara Wacana.
5.    Bohman, J. 1991. New Pilosophy of Sosial Science. Problem of Indeterminacy. Cambridge, Massachusetts: The MIT Press.
6.     Dampier, W.C. 1984. A History of Science And Its Relation With Philosophy and Religion. London, New York: Cambridge University Press.
7.        Ewing, A.C. 2003. Persoalan-Persoalan Filsafat. (terjemahan oleh Uzair Fazan dan Rika Iffati Farikha).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
8.        Kuhn. Thomas. S. 2000. The Structure of Scientific Revolutions. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Bandang: Rosdakarya.
9.      PujawiJatna. 1991. Tahu dan Pengetahuan. Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta.
10.     Ravertz, J.R. 2004. Filsafat Ilmu. Sejarah & Ruang lingkup Bahasan. Terjemahan Saut Pasaribu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
11.     Popper, Karl R. 2008. Logika Penemuan Ilmiah. Terjemahan Saut Pasaribu dan Aji Sasytrowardoyo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
12.     Sudarsono. 2001. Ilmu Filsafat. Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
13.  Suriasumantri, Jujun S. 1985. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan LEKNAS-LIPI.
14.   Suriasumantri, Jujun.S. 2003. Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
15.     The Liang Gie. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Yogayakarta: Liberty.

0 Komentar untuk "SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT ILMU"

Back To Top