INSTITUT AGAMA ISLAM QOMARUDDIN GRESIK
FAKULTAS TARBIYAH
PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
SKS :
2 SKS
Semester : 1 (Satu)
A. Deskripsi
Mata Kuliah
Filsafat
Ilmu merupakan mata kuliah yang memberikan pengembangan wawasan berpikir Kritis,
logis, sistematis dan metodologis tentang ilmu pengetahuan. Dalam perspektif
keilmuan, posisi Filsafat adalah sebagai landasan adanya integrasi berbagai
disiplin dan pendekatan yang makin beragam, karena dalam konstruks
epistemologi, Filsafat dengan metodenya dapat menjadi fondasi dan landasannya.
Setiap
diskursus tentang metodologi haruslah dibangun di atas sentuhan-sentuhan
Filsafat. Tanpa Sense of philosophy, maka sebuah metodologi akan
kehilangan substansinya. Maka, Mata Kuliah Filsafat Ilmu perlu dikembangkan
lebih lanjut agar visi epistemologisnya dapat menjabarkan secara integral,
terpadu.
Lebih
dari itu dalam era modern dan globalisasi ini, perlu mengembangkan filsafat ilmu
pada wilayah praksis, bagaimana mata kuliah tersebut mampu memberikan
kontribusi yang paling berharga bagi kepentingan kemanusiaan sebagaimana yang
pernah dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan sebelumnya. Berpadunya aspek idealisme
dan realisme atau rasionalisme dan empirisme dalam paradigma keilmuan perlu
dikembangkan. Untuk itu, mata kuliah Filsafat Ilmu ini perlu mendapat perhatian
serius, khususnya di Institut Agama Islam Qomaruddin Gresik ini.
B. Kompetensi
Mata Kuliah
Selesai
mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan
tentang konsep dasar dan masalah-masalah tentang Pengetahuan, Filsafat, Ilmu,
Ontologi, Epistimologi, Aksiologi serta Pendekatan dalam memahami filsafat
ilmu.
C. Metode
Pembelajaran
Kuliah
dilaksanakan dengan metode ceramah, dialog dan diskusi. Sebelum kuliah
berlangsung, mahasiswa diberi tugas untuk menulis makalah sesuai dengan topik
yang telah ditentukan secara individu untuk didiskusikan sesuai giliran yang
telah ditentukan jadwalnya.
Untuk
tugas menulis makalah mahasiswa diberi tugas menggunakan buku baru atau kurang
dari 10 tahun terbit. Kecuali buku lama yang menomental yang ditulis oleh para
pakar. Sedangkan jumlah referensi yang digunakan minimal
10 buku dan dilarang menggunakan referensi dari blog dan semacamnya. Adapun
referensi dalam bentuk ebook baik dalam bentuk jurnal, artikel, dan sebagainya diperbolehkan untuk digunakan.
Pada aspek ketebalan halaman, mahasiswa diharuskan membuat makalah minimal 20
halaman.
Adapun
dalam hal presentasi makalahnya, mahasiswa tidak diperkenankan membawa dan/atau
membaca makalah di depan. Mahasiswa hanya diperkenankan membawa bahan/ media
kerja dalam bentuk misalnya power point, kertas karton, dan semacamnya.
Sedangkan metode presentasi hanya diperkenankan menggunakan metode peta konsep
atau peta pikiran dan tidak diperkenankan dalam bentuk deskriptif.
D. Penilaian
Penilaian
akhir meliputi:
1.
Keaktifan mahasiswa di kelas
dalam berdialog dengan dosen pembimbing;
2.
Diskusi kelompok;
3.
Tugas makalah yang ditulis;
4.
Ujian tengah semester (Tugas);
5.
Ujian akhir semester (Revisi
Makalah);
E. Materi
Pokok
1.
Makna Pengetahuan, Filsafat,
dan Ilmu
2.
Filsafat Ilmu, makna dan Obyek
Kajiannya
3.
Dimensi Ontologis Ilmu
4.
Dimensi Epistemologi Ilmu
5.
Struktur Pengetahuan Ilmiah
6.
Sarana Berpikir Ilmiah
7.
Landasan Aksiologis Ilmu, Ilmu,
Moral dan Tanggung Jawab Ilmuan
8.
Positivistik sebagai Pendekatan
Filsafat Ilmu
9.
Post-Positivistik sebagai Pendekatan
Filsafat Ilmu
10.
Fenomenologis sebagai
Pendekatan Filsafat Ilmu
11.
Perkembangan Ilmu
12.
Berpikir Ilmiah
F. Sumber
dan Bahan
1.
Ahmad Tafsir, Filsafat Ilmu,
Remaja Rosdakarya, Bandung.
2.
Conny Semiawan, dkk, Dimensi
Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Rosda Karya: Bandung
3.
Solly Lubis, Filsafat Ilmu dan
Penelitian, Mahdar Maju, Jakarta.
4.
Berling, Kwee, Mooij, Van
Peursen. 2003. Pengantar Filsafat Ilmu (terjemahan Soejono Soemargono).
Yogyakarta: Tiara Wacana.
5. Bohman, J. 1991. New Pilosophy
of Sosial Science. Problem of Indeterminacy. Cambridge, Massachusetts: The MIT
Press.
6.
Dampier, W.C. 1984. A History
of Science And Its Relation With Philosophy and Religion. London, New York:
Cambridge University Press.
7.
Ewing, A.C. 2003.
Persoalan-Persoalan Filsafat. (terjemahan oleh Uzair Fazan dan Rika Iffati
Farikha).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
8.
Kuhn. Thomas. S. 2000. The
Structure of Scientific Revolutions. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains.
Bandang: Rosdakarya.
9. PujawiJatna. 1991. Tahu dan
Pengetahuan. Pengantar ke Ilmu dan Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta.
10.
Ravertz, J.R. 2004. Filsafat
Ilmu. Sejarah & Ruang lingkup Bahasan. Terjemahan Saut Pasaribu.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
11.
Popper, Karl R. 2008. Logika
Penemuan Ilmiah. Terjemahan Saut Pasaribu dan Aji Sasytrowardoyo. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
12.
Sudarsono. 2001. Ilmu Filsafat.
Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.
13.
Suriasumantri, Jujun S. 1985.
Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan LEKNAS-LIPI.
14. Suriasumantri, Jujun.S. 2003.
Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
15.
The Liang Gie. 1999. Pengantar
Filsafat Ilmu. Yogayakarta: Liberty.
0 Komentar untuk "SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT ILMU"