Let's Write !!!

INFORMASI DAN HOMOSEKSUAL – GAY; Studi Etnometodologi Mengenai Informasi dan Gay Pada Komunitas GAYa Nusantara Surabaya

Oleh:
Shinstya Kristina[1]


Abstrak

            Kehidupan manusia tidak terbatas pada masyarakat putih dan hitam saja. Terdapat kehidupan masyarakat lain yang kerap dipandang sebelah mata karena dianggap sampah masyarakat. Kelompok masyarakat minoritas ini merupakan masyarakat dengan perilaku yang dianggap menyimpang. Salah satunya adalah kelompok homoseksual. Perbedaan orientasi seksual, menyukai sesama jenis membuat mereka rentan mengalami diskriminasi sosial dari masyarakat yang berkuasa secara dominan. Pandangan heteronormativitas yang memandang bahwa heteroseksualitas adalah bentuk hubungan yang sah, sama sekali tidak dipertanyakan kerap kali membuat mereka tersisih.
            Penelitian dengan judul Informasi Dan Homoseksual – Gay (Studi Etnometodologi Mengenai Informasi dan Gay Pada Komunitas GAYa Nusantara Surabaya) ini berupaya mengungkapkan mengenai bagaimana gay menginterpretasikan dunia homoseksual mereka akan informasi. Penelitian dilakukan di komunitas GAYa Nusantara Surabaya karena GAYa Nusantara merupakan pelopor organisasi gay di Indonesia yang terbuka dan bangga akan jati dirinya. Sekaligus merupakan komunitas yang patut diperhitungkan keeksistensiannya di dunia internasional.
            Dalam penelitian ini ditemukan berbagai pandangan mengenai informasi seputar kehidupan homoseksual – gay yang ditelaah menggunakan beberapa teori antara lain melalui pendekatan Dramaturgi Erving Goffman dan juga Lancaster. Temuan lain menjelaskan mengenai simbol-simbol yang kerap digunakan oleh homoseksual – gay sebagai bagian dari proses informasi mereka.

Kata Kunci: Homoseksual, Gay, Informasi, Kualitatif, Dramaturgi, Lancaster

Pendahuluan
Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, maka dalam kesehariannya tidak terlepas dari berbagai macam aktivitas yang melibatkan individu-individu lain untuk saling berkomunikasi dan saling bersosialisasi. Setiap saat mereka saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing, baik itu kebutuhan biologis seperti makan dan minum maupun kebutuhan psikologis, seperti rasa kasih sayang, dihargai, diakui, rasa aman dan sebagainya.
Dalam upaya pemenuhan kebutuhannya, informasi memegang peranan penting. Berbicara tentang informasi tidak seorangpun yang tidak membutuhkan informasi, apapun jenis pekerjaan dan status mereka di masyarakat. Derr (1983) mengemukakan bahwa kebutuhan informasi merupakan hubungan antara informasi dan tujuan informasi seseorang, artinya ada suatu tujuan yang memerlukan informasi tertentu untuk mencapainya. Dalam perkembangannya, kebutuhan pengguna akan informasi juga akan berubah-ubah baik segi keragaman isi maupun akses terhadap informasi tersebut (Darsono, 2004).
            Chatman (2000) percaya bahwa rata-rata orang akan senantiasa memecahkan permasalahan informasi dengan cara yang sesuai dengan cara hidup mereka. Dalam ilmu informasi dan perpustakaan, telah ada fokus penelitian yang mengeksplorasi perilaku pencarian informasi pada kelompok berbeda dari populasi, namun sebaliknya secara relatif hanya beberapa yang telah mengeksplorasi perilaku informasi dari kelompok yang terkucilkan (Chatman 1985, 1987; Harris dan Dewdney 1994; Hersberger 2001; Spink dan Cole 2001).
            Dalam realita kehidupan bermasyarakat, kita menyadari bahwa ada begitu beragam masyarakat dengan berbagai latar belakang kehidupan sosialnya. Dan hal yang penting disadari adalah mereka semua membutuhkan informasi. Sebagian orang menganggap bahwa masyarakat hanya terbagi menjadi masyarakat putih dan hitam, yang putih sudah jelas merupakan masyarakat dari golongan baik-baik dan terpelajar, sedangkan yang hitam merupakan sampah masyarakat disebabkan oleh pelanggaran-pelanggaran dan penyimpangan yang dibuatnya. Namun tak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya ada masyarakat abu-abu, mereka nampak normal dan baik akan tetapi karena perilakunya yang berbeda maka mereka dianggap menyimpang dan menjadi masalah sosial di masyarakat. Kaum marjinal ini memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang berbeda dan unik jika dibandingkan dengan mayoritas individu atau golongan dalam masyarakat. Hal ini mengakibatkan seringkalinya kaum minoritas masyarakat ini mengalami diskriminasi dari masyarakat yang mengganggap bahwa mereka menyimpang dan mengganggu kepentingan sosial. Fenomena sosial yang dewasa ini mulai menyeruak adalah mengenai kehidupan kaum homoseksual, yang dianggap menyimpang karena perbedaan orientasi seksual yang dimilikinya.
            Secara sosiologis, homoseksual (Soekanto, 2004: 381) adalah seseorang yang cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual. Homoseksual sudah dikenal sejak lama, misalnya pada masyarakat Yunani Kuno. Di Inggris baru pada akhir abad ke 17 homoseksualitas hanya dipandang sebagai tingkah-laku seksual belaka, namun juga peranan yang agak rumit sifatnya, yang timbul dari keinginan-keinginan maupun aktivitas para homoseks. Kinsey, Pomeroy dan Martin (1984) dalam penelitian yang terkenal tentang seksualitas di Amerika, mengungkapkan sebanyak 37% laki-laki pernah mempunyai pengalaman homoseksual dalam suatu masa kehidupannya, tetapi hanya 4% yang benar-benar homoseksual dan mengekspresikan kecenderungan erotisnya pada sesama laki-laki. Adapun sisanya kemungkinan hanya karena rasa ingin tahu, dianiaya, atau dibatasi seksualnya. Temuan ini menjelaskan bahwa mempunyai hubungan homoseksual tidak berarti seseorang menjadi homoseks. Yang lebih penting secara sosiologis adalah pengungkapan identitas homoseksual. Melalui identitas itu, seseorang mengkonsepkan dirinya sebagai homoseks (Siahaan, 2009: 43).
Pada lingkungan kebudayaan yang relatif modern, keberadaan kaum homoseksual masih ditolak oleh sebagian besar masyarakat sehingga eksistensinya berkembang secara sembunyi-sembunyi. Gadpaille (1989) menyatakan bahwa pada masa sekarang masyarakat modern cenderung bersikap negatif terhadap aktivitas erotik antar sesama jenis kelamin. Pandangan negatif mengenai homoseksual inilah yang menyebabkan homoseksual cenderung tidak diterima masyarakat, rentan mengalami diskriminasi, cemoohan serta sanksi-sanksi sosial lainnya (Ary, 1987: 9). Sejumlah keberatan terhadap perilaku homoseksual sebagian besar adalah karena alasan keagamaan. Lenhne (1976) mencetuskan istilah homophobia[2] untuk menggambarkan kekuatan irasional dan intoleransi terhadap homoseksual. Seorang individu yang diketahui sebagai pria homoseksual atau gay beresiko untuk mengalami diskriminasi dalam pekerjaan dan kehidupan sosialnya (Chumairoh, 2008: 5). Sanksi sosial yang diberikan masyarakat pada umumnya beragam, mulai dari cemoohan, penganiayaan, hingga hukuman mati seperti yang pernah terjadi pada negara-negara di barat. Penolakan serta diskriminasi masyarakat terhadap kaum homoseksual yang berupa tuntutan untuk menjadi heteroseksual dalam seluruh aspek kehidupan melatarbelakangi keputusan sebagian kaum homoseksual untuk tetap menyembunyikan keadaan orientasi seksualnya dari masyarakat sehingga orang-orang yang memiliki orientasi homoseksual memilih untuk menutupi orientasi seksualnya baik secara sosial, adat dan hukum.
Di kota – kota besar mulai bermunculan komunitas – komunitas  homoseksual. Berdirinya beragam komunitas ini diwarnai dengan latar belakang yang berbeda. Namun tujuan utamanya serupa yaitu sebagai wadah bagi kaum homoseksual untuk mengorganisasikan diri sehingga mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. Perjuangan mereka sekarang ini bukan hanya untuk diakui dan diterima secara terbuka oleh masyarakat. Isu yang mereka angkat adalah persamaan hak antara homoseksual dengan identitas gender lainnya. Munculnya GAYa Nusantara adalah salah satu bentuk usaha yang dilakukan kaum homoseksual di wilayah Surabaya dan sekitarnya untuk berani terbuka dan mulai membuka diri kepada masyarakat. Tidak hanya itu, tapi juga bisa membaur bersama masyarakat.
Peneliti menyadari bahwa masih belum ada kajian yang menyoroti perilaku informasi di kalangan minoritas yang dianggap menyimpang oleh masyarakat, dalam hal ini yaitu kaum homoseksual. Sehingga penelitian ini ingin mengetahui secara mendalam mengenai bagaimana homoseksual – gay menginterpretasikan informasi yang menjadi gaya hidup mereka. Tak banyak komunitas yang berani mengungkapkan identitasnya terkait hal ini, berbeda dengan GAYa Nusantara yang merupakan salah satu komunitas homoseksual terbesar di Surabaya yang menunjukkan keeksistensiannya. Sehingga komunitas yang akan menjadi obyek penelitian adalah GAYa Nusantara.

Fokus Penelitian
Keberadaan kaum homoseksual cenderung masih belum diterima masyarakat. Realitas dalam masyarakat sampai saat ini menunjukkan bahwa kaum homoseksual tidak mendapatkan kesempatan yang sama seperti orang-orang normal atau heteroseksual dalam berbagai aspek kehidupan, misalnya ia akan kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak. Selain itu mereka juga kerap mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan akibat orientasi seksualnya sebagai penyuka sesama jenis, seperti dikucilkan dalam lingkungannya. Hal ini tentu saja membuat kaum homoseksual mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka, khususnya dalam mencari informasi mengenai homoseksualitas dan seluk beluknya.
            Secara sosiologis, homoseksual adalah seseorang yang cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual. Homoseksual mencakup empat kelompok besar yaitu LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Sehingga hubungan ini tidak terbatas hanya antara pria dengan pria saja yang dikenal dengan istilah Gay, namun dapat juga hubungan antara perempuan dengan perempuan yaitu Lesbian. Seseorang yang menderita konflik batin karena perbedaan identitas diri yang bertentangan dengan identitas sosial sehingga mengubah karakteristik dirinya disebut dengan Transgender. Sedangkan Biseksual memiliki kecenderungan untuk menyukai pria maupun perempuan secara bersamaan.
            Peneliti tertarik untuk meneliti secara mendalam mengenai bagaimana gay menginterpretasikan informasi yang ada di dalam keseharian hidupnya. Peneliti memfokuskan penelitian kepada kaum gay adalah dikarenakan beberapa alasan keamanan bagi peneliti sendiri, sebagai pertimbangan apabila peneliti mengambil subyek penelitian lesbian maka peneliti akan cenderung kesulitan untuk netral dan juga orientasi seksual yang menyukai perempuan, selain itu di dalam komunitas GN mayoritas beranggotakan gay dan juga mereka bekerja full time di sana (standby) sehingga memudahkan dalam penelusuran informasi.
            Berdasarkan pemaparan latar belakang tersebut di atas, maka dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut:
“Bagaimanakah homoseksual khususnya gay komunitas GAYa Nusantara Surabaya menginterpretasikan informasi?”


Konsep Informasi
            Penjelasan mengenai “informasi” kini menjadi semakin rumit. Sejak informasi mengalami perkembangan yang seharusnya dapat mengurangi ketidakpastian, hal ini malah mengakibatkan “informasi” menjadi ambigu karena digunakan dalam konteks yang berbeda-beda. Dihadapkan dengan berbagai makna "informasi" maka dapat diambil pendekatan pragmatis untuk dapat mengindentifikasi pengelompokan informasi berdasarkan penggunaan istilahnya. Definisi yang didapat mungkin tidak dapat memuaskan, batas-batas antara penggunaan mungkin tidak jelas, dan pendekatan semacam itu tidak bisa memuaskan siapa pun bertekad untuk membangun makna yang benar dari "informasi." Tetapi jika penggunaan utama dapat diidentifikasi, diurutkan, dan ditandai, maka dapat disimpulkan definisi informasi yang paling mendekati. Melalui pendekatan ini dapat diidentifikasi penggunaan kata “informasi” sebagai berikut:
  1. Information – as – process (informasi sebagai proses):
Ketika seseorang mendapat informasi, apa yang mereka ketahui juga berubah. Dalam hal ini "informasi" adalah tindakan menginformasikan; mengomunikasikan pengetahuan atau berita baru dari beberapa fakta atau kejadian; tindakan menceritakan atau kenyataan dari sesuatu.
  1. Information – as – knowledge (informasi sebagai pengetahuan):
"Informasi" juga digunakan untuk menunjukkan apa yang diterima dalam informasi sebagai proses; pengetahuan diterjemahkan menjadi beberapa fakta, subyek atau kejadian; yang salah satunya diceritakan; berita.
Gagasan informasi sebagai sesuatu yang mengurangi ketidakpastian dapat dipandang sebagai kasus khusus dari "informasi sebagai pengetahuan". Kadang-kadang informasi meningkatkan ketidakpastian.
  1. Information – as – thing (informasi sebagai hal):
Istilah “informasi” ini juga digunakan attributive untuk benda, seperti data dan dokumen, yang disebut sebagai "informasi" karena mereka dianggap informatif, sebagai "memiliki kualitas menanamkan pengetahuan atau menyampaikan informasi, instruktif "(Oxford English Dictionary, 1989: 946).

Pengertian Homoseksualitas
            Homoseksualitas adalah kesenangan yang terus menerus terjadi dengan pengalaman erotis yang melibatkan kawan sesama jenis, yang dapat atau mungkin saja tidak dapat dilakukan dengan orang lain atau dengan kata lain, homoseksualitas membuat perencanaan yang disengaja untuk memuaskan diri dan terlibat dalam fantasi atau perilaku seksual dengan sesama jenis (Olson, 2000: 10).
            Dalam Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III (DepKes RI, 1998: 115), homoseksualitas dimasukkan dalam kategori gangguan psikoseksual dan disebut sebagai orientasi seksual egodistonik, yaitu “identitas jenis kelamin atau preferensi seksual tidak diragukan, tetapi individu mengharapkan yang lain disebabkan oleh gangguan psikologis dan perilaku serta mencari pengobatan untuk mengubahnya.” Artinya homoseksualitas dianggap suatu kelainan hanya bila individu merasa tidak senang dengan orientasi seksualnya dan bermaksud mengubahnya.
            Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa homoseksual adalah ketertarikan secara emosional / kasih sayang, maupun secara erotik terhadap sesama jenis, dengan atau tanpa hubungan fisik.

Orientasi dan Identitas Seksual Kaum Gay
            Istilah homoseksual dan heteroseksual digunakan merujuk pada orientasi seksual seseorang. Orientasi seksual menunjuk pada jenis kelamin pasangan erotis, cinta ataupun afeksi yang dipilih. Orientasi seksual terbentuk mulai saat hormon – hormon seksual berkembang, yaitu pada saat seseorang memasuki usia remaja. Sebelum masa tersebut, ketertarikan kepada orang lain masih belum dapat dianggap sebagai ketertarikan seksual (Oetomo, 2001: 26). Seorang gay adalah seorang homoseksual karena ia adalah laki-laki, sedangkan pasangan erotis, cinta, ataupun afeksinya adalah juga laki-laki.
            Identitas seksual (Oetomo, 2001: 26) berarti bagaimana seseorang memandang dirinya, baik sebagai laki-laki ataupun sebagai perempuan. Identitas seksual mengacu pada hasil pembagian jenis kelamin secara kromosomal, kromatinal (genetis), gonadal, hormonal, dan somatis (fenotipis, biotipis). Atau dengan kata lain, identitas seksual mengacu pada kejantanan (maleness) atau kebetinaan (femaleness) dari segi ragawi (bentuk tubuh), khususnya alat kelamin luar. Akan tetapi, ada penelitian yang menunjukkan bahwa identitas seksual bukan merupakan bawaan saat lahir, tetapi lebih merupakan pembelajaran melalui pengalaman yang diberikan secara tidak resmi dan tidak terencana. Bila seorang anak, yang pada saat dilahirkan diperlakukan menurut identitas seksualnya yang berbeda dari jenis kelamin biologisnya, maka ia akan tumbuh sesuai dengan identitas seksual yang diberikan kepadanya (Darmawanto, 2002).
            Kaum gay masih tetap merasa dan menganggap dirinya sebagai laki-laki. Dalam mewujudkan seksualitasnya, ada yang bertindak sebagai pihak pasif (seperti peran perempuan dalam hubungan seksual) dan ada yang bertindak sebagai pihak aktif (seperti peran laki-laki), tetapi masing-masing tetap menganggap diri sebagai laki-laki, baik secara fisik maupun psikis.

Konsep Gender dan Seksualitas
Ketika seksualitas berada dalam konsep bangsa dan negara, ia menjadi sesuatu yang tidak bisa berdiri sendiri, terkait dengan banyak hal. Keterkaitan ini menyebabkan seksualitas tidak lagi menjadi milik pribadi tetapi bagian dari nilai komunal, sehingga seksualitas diatur sedemikian rupa. Dalam masyarakat Indonesia di masa sebelum kemerdekaan, seksualitas yang baik adalah seksualitas yang dilakukan  oleh lelaki dan perempuan untuk  memperoleh keturunan,  antara penis dan vagina, harus melalui pernikahan  serta dilakukan di ruang pribadi. Seksualitas selain itu dianggap sesuatu yang salah dan melanggar norma, tidak beretika dan lainnya. Lalu muncul permasalahan heteronormativitas, yaitu ideologi tentang keharusan untuk menjadi heteroseksual, yang didasarkan pada penindasan orientasi seksual lain yang tidak berorentasi reproduksi keturunan seperti homoseksualitas. Juga keharusan akan kesesuaian antara identitas gender dan identitas seksual. Kalau beranatomi laki-laki, maka harus maskulin, dan sebaliknya bila beranatomi perempuan maka harus feminin. Heteronormativitas (Dermatoto, 2010) adalah ideologi yang menyatakan bahwa heteroseksualitas adalah bentuk hubungan yang sah, sama sekali tidak dipertanyakan.
Bicara masalah seksualitas gay maka tidak terlepas dari konsep gender. Untuk memahami konsep gender, harus ada pembedaan antara konsep gender itu sendiri dengan konsep jenis kelamin (sex). Menurut Fakih (2001: 8) jenis kelamin (sex) merupakan pembagian dua jenis kelamin pada laki-laki dan perempuan yang ditentukan secara biologis dan memiliki sifat-sifat permanen yang tidak dapat berubah dan ditukarkan antara keduanya. Dalam kaitannya dengan ilmu sosial, menurut Macdonald (1999) gender adalah pembedaan antara laki-laki dan perempuan dalam bentuk sosial yang tidak disebabkan oleh perbedaan biologis yang menyangkut jenis kelamin.

Konsep Dramaturgi
            Goffman mengasumsikan bahwa ketika orang-orang berinteraksi, mereka ingin menyajikan suatu gambaran diri yang akan diterima orang lain. Dia menyebut upaya tersebut sebagai impression management atau pengelolaan kesan, yaitu teknik yang digunakan aktor untuk memupuk kesan tertentu, dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Ketika berinteraksi atau berkomunikasi, seseorang akan mengelola dirinya agar tampak seperti apa yang dikehendakinya, sementara juga orang lain yang menjadi mitra komunikasinya melakukan hal yang sama. Oleh karenanya setiap orang melakukan pertunjukkan bagi orang lain, sehingga ia menjadi aktor yang menunjukkan penampilannya untuk membuat kesan bagi lawannya: “People are actors, structuring their performances to make impressions on audiences.” (Littlejohn, 1996: 169).
            Dengan mengikuti analogi teaterikal ini, Goffman (1969: 22–44) berbicara mengenai panggung depan (front stage). Front adalah bagian pertunjukan yang umumnya berfungsi secara pasti dan umum untuk mendefinisikan sesuatu bagi orang yang menyaksikan pertunjukan. Dalam front stage, Goffman membedakan antara setting dan front personal. Setting mengacu pada pemandangan fisik yang biasanya harus ada di situ jika aktor memainkan perannya. Tanpa itu biasanya aktor tak dapat memainkan perannya. Front personal terdiri dari berbagai macam barang perlengkapan yang bersifat menyatakan perasaan yang memperkenalkan penonton dengan aktor dan perlengkapan itu diharapkan penonton dipunyai oleh aktor. Goffman kemudian membagi front personal ini menjadi penampilan dan gaya. Penampilan meliputi berbagai jenis barang yang mengenalkan kepada kita status sosial aktor. Gaya mengenalkan pada penonton, peran macam apa yang diharapkan aktor untuk dimainkan dalam situasi tertentu (menggunakan gaya fisik, sikap). Tingkah laku kasar dan yang lembut menunjukkan jenis pertunjukan yang sangat berbeda. Umumnya kita mengharapkan penampilan dan gaya saling bersesuaian.
            Goffman juga membahas panggung belakang (back stage) dimana fakta disembunyikan di depan atau berbagai jenis tindakan informal mungkin timbul. Back stage biasanya berdekatan dengan front stage, tetapi juga ada jalan memintas antara keduanya. Pelaku tak bisa mengharapkan anggota penonton di depan mereka muncul di belakang. Mereka terlibat dalam berbagai jenis pengelolaan kesan untuk memastikannya. Pertunjukan mungkin menjadi sulit ketika aktor tak mampu mencegah penonton memasuki pentas belakang.

Metodologi Penelitian
            Untuk mengungkapkan realitas sosial homoseksual seperti ini, maka peneliti perlu menggunakan metodologi kualitatif. Oleh karena peneliti berupaya menggambarkan fenomena dunia homoseksual – gay menurut dunia mereka sendiri maka penelitian ini mengemukakan jenis penelitian Etnometodologi. Menurut Moleong (2004: 14), etnometodologi sebagai sebuah studi pada dunia subjektif, tentang kesadaran, persepsi dan tindakan individu dalam interaksinya dengan dunia sosial yang ditempatinya sesuai dengan pokok penelitian kualitatif yang juga menekankan pada dunia subjektif dengan setting sosial yang dilibatinya.

Lokasi Penelitian
Berdasarkan fokus penelitian dan ketertarikan peneliti pada perilaku pencarian informasi kaum homoseksual, maka lokasi yang dipilih adalah Komunitas GAYa Nusantara, bertempat di Jalan Mojo Kidul I No. 11A Surabaya. Penelitian yang dilakukan tidak terbatas pada lokasi di Sekretariat GAYa Nusantara ini saja, karena penelitian ini bersifat kondisional, tergantung kesediaan informan untuk dilakukannya wawancara.

Populasi dan Teknik Pengambilan Sampel
            Sasaran dalam penelitian ini adalah individu yang memiliki orientasi seksual sebagai homoseksual – gay dan merupakan anggota dari komunitas GAYa Nusantara. Subyek penelitian akan ditentukan dengan cara snowball sampling, dimana peneliti melakukan penggalian data secara berantai kepada individu yang dirasa mengerti banyak dan memenuhi kualifikasi awal yang telah ditetapkan oleh peneliti (Burhan, 2007: 77). Kriteria pemilihan informan didasarkan atas kredibilitas dan juga kekayaan informasi yang mereka miliki, antara lain adalah individu yang memiliki orientasi seksual sebagai homoseksual – gay, aktif ikut serta dalam kegiatan komunitas GAYa Nusantara, mengerti mengenai proses pencarian informasi yang dilakukan di dalam  komunitas GAYa Nusantara, serta dapat berkomunikasi dan memberikan informasi dengan cukup baik dan jelas.

Teknik Pengumpulan Data
            Peneliti ingin menggali informasi secara mendalam mengenai kaum homoseksual khususnya gay serta mengetahui keunikan perilaku pencarian informasi spesifik, yang tidak mungkin dapat diperoleh dengan menyebar kuesioner. Teknik pengumpulan data yang akan dipergunakan adalah dengan observasi dan wawancara mendalam (indept interview).
           
Analisis dan Intepretasi Pencarian Informasi Gay di GAYa Nusantara
Kebutuhan akan informasi menjadi suatu masalah ketika kebutuhan tersebut tidak dapat dirumuskan dengan baik sehingga tidak mewakili kebutuhan itu sendiri. Dan dalam kehidupan sehari-hari jelas individu akan selalu menemui kesejangan ini, hal ini senantiasa menjadikan manusia aktif menambah kekayaan informasinya guna mengatasi kesenjangan ini.
Komunitas GAYa Nusantara sebagai suatu wadah bersosialisasinya kaum LGBT di Surabaya pun memiliki serangkaian kebutuhan informasi. Kebutuhan informasi bagi setiap individu berbeda-beda antara individu yang satu dengan lainnya. 

Informasi di Mata Gay GAYa Nusantara
            Informasi menjadi kunci penting dalam masyarakat. Karena melalui informasi dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan pencapaian kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik. Secara umum, informasi telah tersimpan dalam pikiran manusia dan mengalami perbaharuan serta modifikasi melalui interaksi sosial, proses pembelajaran dan komunikasi.
            Dalam hal ini, gay sebagai bagian dari homoseksual pun memiliki kemampuan untuk dapat menelusur informasi. Pemahaman information as thing menunjukkan bahwa individu dapat menerima informasi (informasi sebagai proses) dan juga menjadi bagian dari informasi itu (informasi sebagai pengetahuan).          Berdasarkan pengamatan dan juga indepth interview, informan gay memiliki pemahaman yang berbeda mengenai defisini informasi. Bagi sebagian informan, informasi mengungkapkan kehidupan keseharian mereka sehingga pemahaman informasi tidak sama persis satu dengan yang lainnya.
            Informasi tidak melulu hanya yang bersifat tangible dan fisik semata, karena information as knowledge juga menjadi keseharian mereka, khususnya yang menyangkut dengan kehidupan terselubung mereka. Tidak banyak orang terutama masyarakat hetero yang menyadari kehadiran kelompok homoseksual tanpa pihak homoseksual sendiri yang membuka dirinya. Sebagai kaum minoritas yang sering mengalami diskriminasi tak pelak membuat mereka menutup diri, hal ini menyulitkan mereka dalam menemukan dunia mereka. Informasi yang dimaksud oleh sebagian besar informan yang mewakili gay kota besar, mengungkapkan bahwa informasi merupakan sebuah pengetahuan yang harus dicari dalam kaitannya untuk mempermudah proses coming out mereka. Maka dikatakan bahwa informasi yang dimaksud bukanlah pengetahuan yang dirangkum secara fisik seperti buku, video atau hal tangible lain yang dapat ditemukan dengan mudah. Informasi memberikan gambaran utuh mengenai bagaimana kehidupan sehari-hari yang dialami oleh gay dalam lingkup homoseksual, komplit dengan segala macam polemik yang mewarnainya.
            Informasi yang dimaksud ini kebanyakan didapatkan dari rekan-rekan yang berada dekat di lingkungan sekitar mereka. Kemudian mereka akan diantar untuk dapat memasuki dan memahami dunia gay, yang kemudian berujung pada proses penting untuk memutuskan apakah mereka merasa nyaman dan yakin akan menjadi seorang gay.

Analisis dan Interpretasi Informasi Gay di GAYa Nusantara
            Informasi yang dimiliki tiap orang tidak sama dengan orang lain, apalagi bagi kelompok homoseksual gay yang memiliki orientasi seksual berbeda dengan mayoritas kelompok masyarakat lainnya. Pemahaman akan informasi yang ditemukan dalam penelitian ini akan dipaparkan menjadi beberapa garis besar gambaran umum tentang bagaimana mereka menginterpretasikan informasi yang berada di sekeliling mereka.

Informasi Kesehatan
            Informasi mengenai kesehatan juga menjadi salah satu informasi yang cukup urgent untuk selalu dicari. Satu dari lima pria gay dan biseksual aktif secara seksual memiliki virus AIDS. Namun hampir setengah dari mereka tidak mengetahui bahwa mereka terinfeksi HIV. Demikian hasil penelitian di 21 kota di AS. Para ahli mengatakan temuan ini mirip dengan penelitian sebelumnya, namun penelitian kali ini yang terbesar untuk melihat pria gay dan biseksual di AS berisiko tinggi untuk HIV. Lebih dari 8.000 pria diuji dan diwawancarai, dan 44% dari mereka yang memiliki virus HIB tidak tahu mereka telah tertular. Sebuah studi sebelumnya pada 2004-2005 di lima kota juga menemukan hasil serupa. Studi baru, dilakukan pada 2008, termasuk 16 kota tambahan.
            Kebanyakan gay seringkali tidak mengetahui apa yang mereka butuhkan. Kesenjangan informasi akan bahaya dan dampak kesehatan yang akan dihadapi belum disadari benar sebelum mereka mengalami gejala penyakit setelah mereka memeriksakan diri ke dokter. Terutama bagi mereka yang masih belum coming out atau belum berani terbuka pada orang lain mengenai identitas ke-gay-an mereka. Selain informasi kesehatan berguna bagi diri sendiri, informasi ini nantinya juga akan disebarkan kepada rekan-rekan homoseksual maupun heteroseksual lainnya. Karena seperti kita ketahui bahwa pasangan LGBT rawan terkena virus HIV/AIDS. Hal ini juga yang kebanyakan memicu mereka untuk aware akan bahaya apa saja yang ditimbulkan dan cara penularan HIV/AIDS. GN menjalin kerjasama dengan Puskesmas Perak Timur dalam menyediakan layanan jasa kesehatan, yakni Mobile Klinik. Kegiatan ini diadakan secara berkala untuk membantu teman-teman LGBT dan wanita PSK untuk mengetahui kesehatannya khususnya yang terkait dengan IMS dan HIV/AIDS.
            Stigma – stigma semacam itu berpengaruh kuat bagi aktivis gay di GN untuk semakin gencar berupaya mengatasi kesenjangan informasi agar tidak semakin banyak teman – teman lain yang terjangkit virus mematikan tersebut. Karena seperti yang kita ketahui bahwa jangkauan GN ini tidak hanya mencakup daerah Surabaya saja melainkan juga seluruh Indonesia dan tidak menutup kemungkinan dari daerah yang masih memegang kuat tradisi yang beresiko tinggi seperti itu.
            Dilandasi oleh ketidaktahuan dan keterbatasan informasi yang dimiliki, mendesak mereka untuk segera menjembatani kesenjangan ini dengan memanfaatkan berbagai sumber informasi. GN menjalin kerjasama dengan Puskesmas Perak Timur dalam menyediakan layanan jasa kesehatan, yakni Mobile Klinik. Kegiatan ini diadakan secara berkala untuk membantu teman-teman LGBT dan wanita PSK untuk mengetahui kesehatannya khususnya yang terkait dengan IMS dan HIV/AIDS.     Selain itu pemerintah kota seringkali mengadakan pemeriksaan rutin melalui Survey Terpadu Biologis dan Perilaku (STBP). Kegiatan ini telah berlangsung selama dua kali yaitu pada tahun 2007 dan Februari 2011, yang bertempat di GN. Siapapun boleh mengikuti pemeriksaan kesehatan ini, biasanya mereka dikategorikan menjadi beberapa kelompok. Mereka telah membagi respondennya meliputi antara lain: Inject Drug User (IDU), Laki Suka Laki (LSL) atau gay, lesbian, transgender dan pekerja seks komersial. Lembaga survey yang berpusat di Jakarta ini bekerja sama dengan lembaga kesehatan kota, dan dalam pemeriksaan kesehatan ini pun melibatkan anggota GN sebagai panitianya.

Informasi Hubungan Relasional
            Hidup sebagai homoseksual mengandung makna bahwa homoseksual selalu berusaha menjadi bagian dari berbagai ruang sosial. Goffman dalam Littlejohn (1996: 169) mengasumsikan bahwa ketika orang – orang berinteraksi, mereka ingin menyajikan suatu gambaran diri yang akan diterima orang lain. Goffman menyebut upaya tersebut sebagai impression management atau pengelolaan kesan, yaitu teknik yang digunakan aktor untuk memupuk kesan tertentu dalam situasi tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk menimbulkan kesan tertentu, seseorang akan mempresentasikan dirinya dengan atribut atau tindakan tertentu, termasuk pakaian, tempat tinggal, perabotan rumah tangga, cara berjalan, gaya berbicara, dan sebagainya. Ketika berinteraksi atau berkomunikasi, seseorang akan mengelola dirinya agar tampak seperti apa yang dikehendakinya, sementara juga orang lain yang menjadi mitra komunikasinya melakukan hal yang sama. Oleh karenanya setiap orang melakukan pertunjukkan bagi orang lain, sehingga ia menjadi aktor yang menunjukkan penampilannya untuk membuat kesan bagi lawannya.
            Tidak sedikit gay yang berusaha menutupi akan orientasi seksualnya tersebut. Mereka berupaya melawan nalurinya yang menyukai sesama jenisnya demi menjadi serupa dengan heteroseksual yang dalam pandangan sosial merupakan kelompok masyarakat normal dan mayoritas. Kesan yang diciptakan oleh aktor yaitu gay bergantung pada aktor itu sendiri. Latar belakang kehidupan dapat menjadi salah satu pemicu atas kesan yang diciptakan oleh aktor. Dengan mengikuti analogi teaterikal ini, Goffman berbicara mengenai panggung depan (front stage). Front adalah bagian pertunjukan yang umumnya berfungsi secara pasti dan umum untuk mendefinisikan sesuatu bagi orang yang menyaksikan pertunjukan. Back stage biasanya berdekatan dengan front stage, tetapi juga ada jalan memintas antara keduanya. Pelaku tak bisa mengharapkan anggota penonton di depan mereka muncul di belakang. Mereka terlibat dalam berbagai jenis pengelolaan kesan untuk memastikannya.
            Gay saat berada di front stage yang berhadapan dengan orang banyak, yang dalam hal ini berarti heteroseksual, maka mereka tidak akan terang – terangan menyatakan identitas mereka. Namun saat mereka sudah berada di back stage, di saat berada dalam kondisi dan situasi yang sebenarnya maka mereka bisa berubah kembali dengan memperlihatkan gaya dan gesture homoseksual.
Selebihnya mereka pun memiliki ruang pribadi dan menjalin hubungan sosial antar sesama kaum homoseksual. Hubungan yang paling sederhana berawal dari kecocokan yang dirasakan antar individunya, dalam hal ini menjadi hubungan pertemanan. Manusia akan selalu membutuhkan orang lain dalam memenuhi setiap kebutuhan hidupnya. Dalam ketergantungan itu, manusia akan terus menerus menjalin sebuah ikatan hubungan (bond relationship) untuk saling mengisi kekurangan serta kelebihan masing-masing dan apabila ikatan hubungan yang terjalin tersebut dirasa menguntungkan, maka tidak menutup kemungkinan hubungan ini akan berlangsung sampai pada masa yang tidak dapat ditentukan. Kaum homoseksual sebagai kaum minoritas yang masih dianggap menyimpang oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, sebenarnya juga sama dengan kaum hetero lainnya yang juga membutuhkan pertemanan. Hanya saja pertemanan yang terjalin ini harus dibatasi oleh serangkaian aturan dan kaidah-kaidah yang berlaku di masyarakat. Mereka cenderung melakukan perkelompokan dikarenakan adanya rasa persamaan dan juga latar belakang. Oleh sebab itu, bagi kaum homoseksual penting bagi mereka untuk selalu menjaga pertemanan yang terjalin. Komunikasi yang terjalin dalam hubungan ini biasanya bersifat lebih akrab dan juga hangat. Berawal dari pertemanan akhirnya berujung pada kedekatan secara personal, yang kemudian membuat mereka memutuskan untuk menjalin suatu komitmen dengan lebih serius. Pasangan kaum homoseksual lebih sering disebut dengan istilah partner.
            Ikatan hubungan yang dapat berlangsung dalam dan permanen pada kehidupan manusia, dapat ditemui dalam konteks komunikasi antar personal (interpersonal communications). Dari berbagai macam komunikasi antar personal, hubungan percintaanlah (romantic relationships) yang paling berlangsung dalam dan permanen, karena tidak hanya melibatkan semua hidupnya seperti pada hubungan keluarga dan sahabat, tetapi juga melibatkan romantisme dan perasaan seksual. Berdasarkan Attractive Theory, Romantic Relationships dapat terjadi akibat Ketertarikan  (Attractiveness) atau Physical Appearance and Personality, Kedekatan fisik (Proximity) dan Persamaan (Similarity). Mereka juga melakukan pertukaran sosial (social exchange) di antara satu dengan yang lain karena mendapatkan ganjaran (reward) yang akan mereka dapatkan dari partnernya. Selain itu apabila partner kita memberikan sesuatu maka kita juga harus memberikan sesuatu yang sama (equity) sebagai balasan. Dalam hal ini, hubungan percintaan (romantic relationships) yang tentunya juga sangat membutuhkan suatu kedekatan fisik (proximity) untuk mempertahankan kelancaran berkomunikasi (Wood, 2005: 294).
            Informasi pertemanan diperoleh melalui sumber-sumber yang biasanya diakses oleh mayoritas gay lainnya. Situs-situs yang menjadi rujukan yaitu MIRC yaitu media chatting namun kini sudah mulai jarang digunakan, social networking melalui Facebook dan Twitter serta social networking khusus LGBT. Yang cukup menarik ini adalah social networking khusus LGBT, karena ini merupakan situs jejaring khusus bagi kaum LGBT di seluruh dunia. Situs jejaring LGBT antara lain Manjam, Gaydar, Gaydar Girls, Gaydate, dan masih banyak lagi. Namun yang sering digunakan oleh kaum gay yaitu Manjam dan Gaydar. Tampilannya sekilas menyerupai Facebook, hanya saja konten dalam situs ini semuanya berhubungan dengan LGBT. Di sana member dapat menyertakan informasi umum mengenai diri mereka sampai ke informasi yang sangat personal, seperti misalnya ukuran tubuh dan bentuk tubuh.
.           Tak banyak sumber informasi yang cukup memberikan informasi perilaku seksual, kesehatan seksual, dan tentunya yang berkaitan dengan kehidupan homoseksual. Hal ini tentu sangat menyulitkan bila informan harus mencarinya melalui sumber informasi yang tercetak. Gaydar disini berperan penting untuk membantu mereka mengenali siapa sesame jenis mereka, tidak mudah memang karena secara informasi ini tidak kasat mata dan hanya dapat diperoleh melalui pengalaman hidup bersama dengan homoseksual lain. Dewasa ini banyak kalangan hetero yang juga mengadopsi budaya homoseks melalui simbol-simbol yang biasa dikenakan oleh homoseks. Seperti cincin di kelingking dan ibu jari, anting-anting, gelang, kalung, sapu tangan atau simbol lain, saat ini sudah banyak digunakan oleh laki-laki bukan homoseksual. Tentu mereka tidak menyadari bahwa sebenarnya yang mereka kenakan merupakan simbol homoseksual untuk dapat saling berinteraksi dengan homoseksual lain. Mereka hanya mengenakannya sebagai bagian dari trend fashion atau sekedar alasan hobi dan kesenangan. Hal ini menimbulkan bias bagi kalangan homoseksual karena orang-orang di luar kelompoknya juga menggunakannya, sehingga mungkin saja dapat terjadi kesalahpahaman dan kekacauan simbol yang diterima. Sehingga banyak informan lebih percaya kepada rekan-rekan mereka, yang tentu saja berdasarkan dari pengalaman hidup mereka. Seperti contohnya bagaimana seorang gay dapat mengetahui sesamanya gay. Bagi mereka jawabannya hanya ditemukan dari body language gay itu. Dan tentu saja bahasa tubuh ini tidak dapat dijelaskan melalui serangkaian informasi yang tertulis. Walaupun memang ada, namun belum tentu dapat menggambarkan secara sempurna.

Informasi Pekerjaan
            Kelompok homoseksual tidak begitu saja dengan mudah memperoleh informasi yang mereka butuhkan, mereka cenderung bersifat inklusif sehingga penyebaran dan akses informasi tidak semudah kalangan heteroseksual lain. Kecaman dari berbagai pihak hetero yang homophobic menghalangi mereka untuk dapat segera coming out, membuat mereka harus mengalami dilema atas keadaan orientasi seksual yang berbeda. Perlakuan diskriminasi yang seringkali dihadapi membuat mereka cenderung memiliki kelompok sendiri, yang kebanyakan dilandasi oleh kesamaan pandangan maupun latar belakang histori kehidupan mereka. Kebanyakan dari mereka mengenal kehidupan gay secara inklusif, dalam artian bahwa hanya segelintir orang yang menjadi teman dekat mereka (tentu saja telah menjadi gay sebelumnya) yang kemudian membantunya untuk menemukan dunia gay. Akses ini tidak mudah ditembus oleh orang awam (hetero) karena tentu saja mereka sangat berhati-hati agar tak banyak orang mengetahui orientasi seksualnya, demi alasan keamanan juga.
            Oleh sebab itu sikap tertutup yang dilakukan oleh sebagian besar dari gay bukan tanpa sebab, mereka ingin melindungi diri dari serangan pihak-pihak yang tidak menyukai keberadaan mereka. Diskriminasi yang kerap dirasakan adalah di dalam lingkungan pekerjaan, mereka dituntut untuk dapat bersikap professional, yang berarti dalam hal ini mereka harus menunjukkan perilaku sesuai dengan gender mereka, laki-laki harus bersikap maskulin, keras, tegar dan bukannya feminin, lembut dan halus. Tentu saja hal ini menyiksa batin mereka khususnya bagi homoseksual gay feminim (kecenderungan menjadi pihak perempuan), transgender dan juga lesbian butchy (kecenderungan menjadi pihak laki-laki). Keanomalian seksual tersebut tidak dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat. Pandangan masyarakat mengenai heteronormativitas, ideologi yang menyatakan bahwa heteroseksualitas adalah bentuk hubungan yang sah, sama sekali tidak dipertanyakan, membuat mereka kesulitan saat harus menghadapi dunia pekerjaan dan kehidupan sosial yang mengharuskan berinteraksi dengan kelompok heteroseksual. Masih kuatnya fakta sosial yang masih meyakini benar akan stigma bahwa gay adalah “sampah masyarakat” dan termarjinalkan, serupa dengan pandangan Goffman tentang stigma yang dibagi menjadi dua, yaitu stigma fisik (cacat lahir, seperti buta, dsb) dengan stigma sosial (misalnya mantan pembunuh, lesbian, dsb). Goffman melihat kesenjangan antara citra diri yang seseorang inginkan ketika berinteraksi dengan orang lain, dengan stigma – stigma yang ia miliki (Mulyana, 2001: 121-122). Maka tidak semua gay dapat dengan mudah memperoleh kesempatan yang sama dalam bersaing mendapatkan pekerjaan di seluruh lapisan bidang profesi.
            Bagaimana mereka harus mengondisikan perilakunya agar dapat diterima oleh mayoritas masyarakat sedangkan hal itu sangat bertentangan dengan batinnya. Sehingga kebanyakan dari mereka menjalin relasi bisnis dengan sesama homoseksual lainnya yang lebih settle secara kehidupan sosial dan ekonomi. Selain itu pada lingkungan pekerjaan tersebut, orientasi seksual mereka bukan menjadi permasalahan utama, yang dituntut adalah kreativitas dan juga semangat bekerja. Seperti misalnya bekerja menjadi capster di salon kecantikan, penata make up professional, fashion designer, MC, penyiar radio, atau pekerjaan lain yang memiliki hubungan dekat dengan dunia homoseksual. Namun tak jarang pekerjaan sebagai penjaja seks pun mereka geluti, terbanyak dialami oleh kalangan transgender dan juga gay yang memutuskan untuk bekerja di dunia malam seperti itu.
            GAYa Nusantara sebagai wadah individu homoseksual paham benar akan problem dunia pekerjaan seperti ini, sehingga GN turut membantu mereka dengan merekrut menjadi volunteer di dalam komunitas ini. Selain disebabkan oleh histori yang sama, GN bukan hanya komunitas yang bertujuan untuk menjadi tempat kumpul-kumpul atau ngeber semata bagi kelompok LGBT. GN menjaring mereka dengan maksud agar mereka tidak semakin terjerumus ke dalam kehidupan yang salah, yang identik dengan stigma negatif yang berkembang di masyarakat. GN ingin menghapuskan pandangan sampah masyarakat dan diskriminasi orientasi seksual, ingin mengangkat harkat martabat yang sama dengan manusia lain.
            Informan merasa bangga dan bersyukur karena mereka terlibat dan menjadi bagian dari komunitas GN, komunitas homoseksual yang cukup diperhitungkan di dunia internasional. Dari GN mereka banyak mendapatkan informasi, pengetahuan mengenai kesehatan dan isu-isu seputar LGBT menjadi bertambah. Informan pun memilih untuk menyebarkan pengetahuan yang dimilikinya dari kegiatan-kegiatan bermanfaat GN kepada teman-teman LGBT yang belum mendapatkan pengetahuan tersebut. Banyaknya kegiatan positif yang diselenggarakan GN turut membangun kepercayaan diri mereka sehingga mereka dapat kembali membangun relasi dengan orang lain, termasuk dengan homophobic di sekitar mereka.
Informasi Personal
            Informasi personal merupakan informasi yang ditentukan oleh gay itu sendiri, diinterpretasikan secara bebas dan tidak terpaku pada kaidah umum yang biasa dipahami oleh orang lain. Tiap individu memiliki kebutuhannya sendiri, sehingga peneliti merangkumnya ke dalam kelompok informasi personal.
            Gay terkenal dengan gaya busana yang berbeda dari kelompok homoseksual lain dan juga heteroseksual. Hal ini cukup terlihat dari fashion yang dikenakan, gay akan selalu up to date dalam menentukan gaya berbusananya. Ia tidak mau nampak asal-asalan dalam berpakaian dan memang selalu mengikuti trend busana dan gaya rambut terkini. Dan hal ini juga merupakan simbol khusus bagi para gay untuk menunjukkan keeksistensiannya. Menurutnya, untuk membedakan gay dengan pria lainnya, kebanyakan para gay selalu lebih menonjol dalam mengikuti tren serta menggunakan barang branded. Goffman menyebut appearance atau penampilan bagian daripada personal front. Seperti juga bahasa non verbal lainnya, bahasa penampilan menjadi symbol tersendiri bagi gay. Penampilan bisa dibagi dua, yaitu pertama penampilan karena bukan yang direncanakan (misalnya cacat fisik, karena sejak lahir, kecelakaan, dsb). Kedua, karena kesengajaan (penampilan melalui busana yang dipakai). Biasanya mereka mendesain penampilan mereka dengan lebih menonjolkan pakaian yang sengaja menunjukkan identitas gay. Oleh sebab itu, fashion menjadi hal yang penting dalam kehidupan mereka.


Pengorganisasian Informasi dalam Lingkup Komunitas

     Lancaster dalam Turner (1987: 5) memaparkan mengenai bagaimana informasi diorganisasikan dengan baik agar informasi yang jumlahnya sangat banyak dapat tersampaikan kepada pengguna atau individu. Ledakan informasi dapat membingungkan individu, mereka harus dapat memilah mana informasi yang penting dan mana yang harus dibuang. Demikian pula yang dialami oleh kelompok homoseksual gay, saat awal mereka akan mengalami kesenjangan informasi yang kemudian berujung pada pencarian informasi oleh mereka, namun setiap data akan diterima. Informasi yang datang berbagai macam termasuk diantaranya dalam bahasa yang berbeda-beda. Individu gay akan berupaya menyeleksi dan mengakuisi informasi tersebut melalui berbagai cara, salah satunya dapat melalui akses yang dapat ditelusur secara fisik, misalnya melalui buku, kamus, internet dsb. Namun seperti yang kita ketahui bahwa gay cenderung inklusif maka upaya penyeleksian informasi melalui akses pertemanan atau peer group yang mereka bangun sebelumnya. Kebanyakan informasi tersebut intangible, berupa berita maupun simbol-simbol khusus. Hal ini merupakan fase translation, mereka berupaya menerjemahkan bahasa dari informasi yang diterima, dalam hal ini merupakan simbol-simbol khusus yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Sebagai contoh simbol yang menunjukkan bagaimana mereka dapat mengenali dan mengidentifikasi sesama jenisnya menjadi suatu pemahaman baru dan disimpan dalam database, dalam hal ini database berada dalam pikiran mereka. Setelah itu informasi dan pengetahuan baru ini akan diteruskan kepada individu lainnya, namun untuk memudahkan maka database yang ada dalam pikiran mereka dituangkan dalam rupa penulisan, misalnya buku atau penelitian yang kemudian dibaca oleh orang lain sehingga orang lain dapat dengan mudah memahami informasi tersebut.

Kesimpulan
Dalam realita kehidupan bermasyarakat, kita menyadari bahwa ada begitu beragam masyarakat dengan berbagai latar belakang kehidupan sosialnya. Termasuk di dalamnya kelompok sosial masyarakat yang dianggap menyimpang, salah satunya adalah homoseksual–gay. Masyarakat masih memiliki stereotip mengenai gay yang dianggap sampah masyarakat dan seringkali dihubungkan dengan adat istiadat yang tabu serta penyakit menular seksual. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di komunitas GAYa Nusantara Surabaya, didapatkan beberapa hasil yang dapat ditarik kesimpulan antara lain:
  1. Ketika homoseksual – gay dilabeli oleh mayoritas heteroseksual di luar itu mereka akan cenderung menunjukkan keeksistensian mereka dalam upanya untuk memperoleh kesamaan hak dan kesetaraan gender. Hal ini ditunjukkan dengan semakin besarnya upaya untuk mencari informasi yang penting agar mereka dapat diterima sebagai bagian dari masyarakat.
  2. Setiap gay memiliki pemahaman yang berbeda akan informasi, tergantung bagaimana mereka menginterpretasikannya sesuai dengan pengalaman hidup kesehariannya.
  3. Terdapat empat gambaran umum informasi yang dipahami oleh homoseksual – gay yaitu informasi yang terkait dengan kesehatan, pertemanan, pekerjaan dan juga personal mereka.
  4. Simbol-simbol khusus yang digunakan dalam proses komunikasi homoseksual – gay juga merupakan informasi penting yang intangible dan terkadang hanya dapat dipahami oleh kelompok itu sendiri. Namun melalui pengalaman maka simbol-simbol itu akan mudah diterjemahkan sehingga dapat dimengerti.
  5. Information for all. Setiap orang berhak untuk mendapatkan informasi. Tidak terkecuali bagi siapapun dan juga orientasi seksual apapun.

Daftar Pustaka

Adi, Riyanto. 2004. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.
Alfani, Rifnal. 2007. Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan: Studi Deskriptif tentang Perilaku Pencarian Informasi Kesehatan di Kota Surabaya.
Ary. 1987. Gay. Gramedia, Jakarta.
Bagong Suyanto dan Sutinah. 2007. Metode Penelitian Sosial.
Berger dalam Littlejohn, 1999. Theories of Human Communication. Wadsworth Publishing Company, California.
Buletin GAYa Nusantara, Rubrik: Pengalaman Sejati, Februari 2003.
Burhan Bungin, 2007.Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Chatman, Elfreda. 1992. The Information World of Retired Women, diambil dari http://ils.unc.edu/~arnsj/chatman1.htm, diakses pada tanggal 3 Mei 2012.
Chumairoh, Fitroh. 2008. Perkawinan Simbolik: Studi Kualitatif tentang Seorang Gay yang Melakukan Perkawinan dengan Lawan Jenis.
Darsono.2004. Kebutuhan Informasi dan Pola Penggunaan. Diakses dari http://www.webpages.uidaho.edu/~mbolin/seth.pdf, pada tanggal 29 April 2012.    
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1998. Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa Di Indonesia, Edisi ke III. Direktorat Kesehatan Jiwa, dan Dirjen Pelayanan Kesehatan.
Dervin. 1992. Beyond Information Seeking: Towards A General Model of Information Behaviour. Information Research 11 (4), http://InformationR.net/ir/11-4/paper269.html., diakses pada 12 Januari 2012.
Douglas (1994) dalam Littlejohn, 1999. Theories of Human Communication. California: Wadsworth Publishing Company.
Ellis, D. 1993. Modelling The Information-Seeking Patterns of Academic Researcher: A Grounded Theory Approach. Library Quarterly.
Hariningrum, Marryane Dwi. 2010. Kebutuhan Informasi Mahasiswa Pada Jurnal Ilmiah Di Perpustakaan Universitas Kristen Petra.
Hayter, Susan. 2006. Exploring Information Worlds in a Disadvantaged Community: A UK Perspective. Diakses dari http://nrl.northumbria.ac.uk/3416/1/hayter.susan_phd.pdf,  pada tanggal 16 Januari 2012.
Henefer, Jean. 2005. Krikelas's Model of Information Seeking. Ireland: University of Dublin.
Julia T. Wood. 2005, Gendered Lives: Communication, Gender & Culture. America: Wadsworth Engage Learning.
Krikelas, 1983 dalam Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2, No. 2, Desember 2006.
________. 1983. Information Seeking Behaviour : Pattern and Concepts. Drexel Library Quertely.
Kuhlthau, C.C. 1993. Seeking Meaning : A Process Aproach to Library and Information Services. Norwood, N.J: Ablex
Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communication. Belmont California: Wadsworth Publishing Company, Fifth Edition,
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedi. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nicholas, D. 2000.  Assessing Information Needs : Tool, Thecnique and Concepts for Internet Age. Second Edition.London :Aslib (the Association for Information Management and Information Management Internasional)
Oetomo, Dede. 2001. Memberi Suara pada yang Bisu. Yogyakarta: Galang Press.
Pannen, P. 1996. Sense Making sebagai Pendekatan Kognitif dalam Perancangandan Pemanfaatan Jasa Pudokinfo. Di dalam Prosiding Seminar Sehari Layanan Pusdokinfo Berorientasi Pemakai di Era Informasi :Pandangan Akademisi dan Praktisi. Jakarta : Program Studi Ilmu Perpustakaan Program Pascasarjana Universitas Indonesia.
Pendit, P. L. 2000. Sejarah Ringkas Penelitian Perilaku Informasi. Diakses dari http://blog.360.yahoo.com/blog5O_KTCghbrjaNniLLYh4tb2K5w?cq=1&tag=perilaku-informasi, pada tanggal 15 Maret 2012.
Prahatmaja, Nurmaya. 2006. Studi Tentang Karakteristik Individu  Dan  Karakteristik Sosial Masyarakat Kampung Naga Dan Kaitannya Dengan Pola Pertukaran Informasi.
Reitz, J.M. 2004.Dictionary for Library and Information Science.London : Libraries Unlimited Westport Connecticus.
Robert C. Solomon dalam skripsi Darmawanto. 2002. Kaum Gay: Fenomena dan Penilaian Moral.
Siahaan, Jokie M.S. 2009. Perilaku Menyimpang: Pendekatan Sosiologis. Jakarta: PT. Indeks.
Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi :Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tampubolon, Sonya. 2010. Melatih Kemandirian. Diakses dari www.jendelaanakku.net, pada tanggal 26 Juli 2012.
Tatchell, P. 2003. Beyond Gay Identity, diakses dari http: //www.petertatchell.net/queer%20theory/beyond, pada tanggal 2 Februari 2012.
Turner, Christopher. 1987. Organizing Information: Principles and Practice. London: Clive Bingley.
Wilson, 2000. Human Information Behaviour,  volume 2 no. 2, 2000.
______.2000. Human Information Behaviour. Information Science 3 (20), diakses dari http://inform.nu/articles/vol3/v3n2p49-56.pdf, pada tanggal 12 Januari 2012.
 “44% Gay & Biseksual Tak Tahu Tertular HIV”, http://www.inilah.com/read/detail/848431/44-gay-dan-biseksual-tak-tahu-tertular-hiv/,diakses 29 Maret 2012.
Bahasa Binan, www.gayanusantara.org.id, diakses 29 Agustus 2009.







[1] Shinstya Kristina, Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan FISIP Universitas Airlangga, email: shinstya@gmail.com
[2]  Homophobia adalah ketakutan berada dekat, berinteraksi dan berhubungan dengan homoseksual karena dianggap dapat memberikan pengaruh yang buruk karena homoseksual adalah sesuatu yang sangat negatif sifatnya. Dapat juga didefinisikan sebagai tekanan dari supremasi kaum heteroseks secara terus menerus berdasarkan atas adanya perbedaan orientasi seksual (Tatchell, 2003).

1 Komentar untuk "INFORMASI DAN HOMOSEKSUAL – GAY; Studi Etnometodologi Mengenai Informasi dan Gay Pada Komunitas GAYa Nusantara Surabaya"

Maaf, mau tanya. Apakah hasil penelitian di atas sudah dipublikasikan melalui jurnal? Jika pernah, mohon info nama jurnal, volumenya, dan tahunnya.Saya butuh untuk bahan referensi tulisan saya. Terimakasih

Back To Top